Senin, 20 Desember 2021

Cara Membuat Lalapan Ayam Bakar Simpel Praktis

Posted by Admin on Senin, 20 Desember 2021

Lalapan Ayam Bakar Simpel

Anda sedang mencari inspirasi resep Lalapan Ayam Bakar Simpel yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Lalapan Ayam Bakar Simpel yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lalapan Ayam Bakar Simpel, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lalapan Ayam Bakar Simpel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Lalapan Ayam Bakar Simpel adalah 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Lalapan Ayam Bakar Simpel diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lalapan Ayam Bakar Simpel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lalapan Ayam Bakar Simpel memakai 25 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hari ini saya mau #JelajahResepRumahan di rumah suami memang setelah menikah dapur mertua sudah punya saya seutuhnya ๐Ÿ˜ jadi saya survei menu2 yang jadi primadona di rumah. Selain menu tumis, suami suka lalapan ayam, kalo ayamnya masih anget kadang gausah pake nasi langsung di lahap habis sama lalapnya ๐Ÿ˜… saya senang masakan ala rumah simpel ternyata membuat suami saya jarang makan diluar(kecuali kepepet harus beli๐Ÿ˜…๐Ÿ™๐Ÿป) saya juga senang karena suami selalu support saya untuk membuat aneka menu dan cemilan, senangnya lagi kalo menu yang saya buat selalu habis dan mendapat respon baik dari keluarga. Gagal?? Pernah tapi saya tidak malu dan tidak takut, karena saya bisa mencoba lagi dan membuatnya lagi. Saya bisa belajar dari kekurangan dan kesalahan saya di awal. Oh ya, bumbu ayam bakar hampir saya dengan bumbu ayah bakar teflon cuman kali ini saya tambahkan kemiri dan daun jeruk. Penasaran?? Scroll resepnya kebawah ya ๐Ÿ˜Š #JelajahResep #PejuangGoldenApron3 #GoldenApronChallenge #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Probolinggo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lalapan Ayam Bakar Simpel:

  1. 250 gr dada ayam
  2. 4-5 sendok sayur air kaldu ayam (air rebusan ayam)
  3. 200 ml air
  4. 1 lembar daun jeruk
  5. 1/2 sdt asam jawa
  6. 2-3 sdm kecap manis
  7. Bumbu halus :
  8. 3 siung bawang putih
  9. 4 bawang merah
  10. 2 lombok merah
  11. 1 butir kemiri (goreng dulu)
  12. 1 sdt gula (boleh +/-)
  13. 1 sdt garam (boleh +/-)
  14. Bahan sambal :
  15. 2 lombok merah (buang biji)
  16. 2 buah tomat
  17. 2 cabe rawit
  18. 2 siung bawang putih
  19. 2 bawang merah
  20. 1/2 sdt terasi
  21. 1/4 sdt gula (boleh +/-)
  22. 1/4 sdt garam (boleh +/-)
  23. Pelengkap :
  24. Sosis
  25. Terong ungu

Langkah-langkah untuk membuat Lalapan Ayam Bakar Simpel

  1. Persiapkan bahan. Untuk ayamnya, cuci bersih (jangan dipotong) kerat bagian dagingnya lalu rebus sampai mendidih saja, tiriskan.
  2. Haluskan bumbu ayam, kemudian tumis sampai harum tambahkan kecap, daun jeruk dan asam jawa
  3. Masukkan air kaldu ayam dan air, aduk, masak sampai mendidih lalu tes rasa. Setelah pas, masukkan ayam ukep sampai air sedikit habis dan bumbu meresap
  4. Setelah matang, bakar ayam di atas teflon tambahkan 5-7 sdm minyak goreng. (Karena suami saya suka tekstur yang sedikit gosong jadi saya bakarnya sedikit gosong). Sisihkan dahulu setelah matang
  5. Membuat sambal dan pelengkapnya, goreng sampai sedikit layu bahan sambal lalu haluskan tambahkan gula & garam. Lalu tumis kembali sambal sampai tanak/matangnya sempurna. Jangan lupa tes rasa
  6. Goreng terong ungu, setelah semua matang. Susun dalam piring saji. Nikmati dengan nasi hangat dan aneka lauk kesukaan

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Lalapan Ayam Bakar Simpel yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar